Yamaha Deta - Yamaha F1Z R, juga disebut sebagai "FIS R," adalah motor bebek 2-tak yang dibuat oleh Yamaha dari pertengahan tahun 1997 hingga 2004 sebagai penerus dari Yamaha Force 1 yang lebih dulu diperkenalkan pada akhir 1980-an.
Motor ini kemudian disukai anak-anak muda awal tahun 2000an karena kinerjanya yang kuat di kelas 110 cc.
Motor ini dikenal dengan desain bodi yang sporty dan aerodinamis, serta menggunakan sistem pendingin YPCS yang unik pada masa itu.
F1ZR juga dikenal dengan kopling semi otomatis yang disebut "kopling banci" pada generasi awalnya.
Pada tahun 2000, Yamaha melakukan perombakan besar pada F1ZR dengan memperkenalkan kopling manual penuh dan desain yang lebih modern.
Motor ini tetap populer di kalangan penggemar motor bebek 2-tak hingga produksinya dihentikan pada tahun 2004.
Kini, setelah 20 tahun sejak produksinya dihentikan, Yamaha F1Z R tetap menjadi legenda. Selain itu, motor ini sangat dicari oleh kolektor dan pencinta motor 2-tak.
Berikut ini spesifikasi dan harga bekas Yamaha F1Z R.
DIMENSI | |
---|---|
Dimensi PxLxT | 1.870 x 670 x 1.040 mm |
Jarak Antar Sumbu Roda | 1.190 mm |
Ketinggian Jok | 750 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 135 mm |
Bobot | 95 Kg |
Kapasitas Tangki BBM | 4, 5 Liter |
MESIN | |
Engine | 2-Tak, Air-Cooled YPCS, Silinder Tunggal |
Bore x Stroke | 52 x 52 mm |
Kapasitas Silinder | 110,4 cc |
Sistem Penyuplai BBM | Karburator Mikuni VM20 |
Rasio Kompresi | 7,1:1 |
Transmisi | 4-Speed |
Starter | Kick & Elektrik Starter |
Max Power | 10, 54 HP @ 7.500 RPM |
Max Torsi | 10, 7 N.m @ 6.500 RPM |
RANGKA & KAKI-KAKI | |
Frame | Tube-Underbone Frame |
Suspensi Depan | Teleskopik Fork |
Suspensi Belakang | Dual Shock Absorber |
Rem Depan | Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston |
Rem Belakang | Drum Brake (Tromol) |
Ban Depan | 2.50 – 17 |
Ban Belakang | 2.75 – 17 |
Baca juga: Spesifikasi, Sejarah, dan Harga Yamaha Tiara S 120
Dengan jarak antar sumbu roda 1190 mm, Yamaha F1ZR memiliki panjang 1870 mm, lebar 670 mm, dan tinggi 1040 mm.
Ketinggian jok motor adalah 750 mm, dan jarak terendah ke tanah adalah 135 mm.
Postur tubuh orang Indonesia, yang umumnya tidak terlalu tinggi, sangat cocok dengan dimensi motor ini.
Dibandingkan dengan generasi F1Z sebelumnya, desain fairing motor ini sangat modern dan sporty ketika dirilis tahun 1997.
Desain fairing bagian depan motor ini menunjukkan lekukan tegas.
Insinyur Yamaha tampaknya membuat desain fairing yang saling melengkapi, seperti yang ditunjukkan oleh tampilan depan motor ini.
Decal atau stiker motor ini sangat agresif dan mendukung desain tajam fairing motor ini.
Konfigurasi diameter x langkah motor bebek Yamaha F1ZR adalah 52 x 52 mm, dengan mesin 2-tak satu silinder berkapasitas 110,4 cc.
Karburator Mikuni VM20 dengan rasio kompresi 7,1:1 menerima bahan bakar.
Mesin Yamaha F1ZR dengan konfigurasi di atas dapat menghasilkan tenaga maksimum 10,54 daya kuda pada 7.500 RPM dan torsi maksimum 10,7 Nm pada 6.500 RPM melalui sistem transmisi empat percepatan.
Teknologi mesin YPCS (Yamaha Performance Cooling System) adalah yang pertama digunakan pada motor bebek Yamaha F1ZR.
YPCS adalah teknologi pendingin mesin yang menggunakan kipas di sebelah kiri mesin. Kipas menyedot udara dari luar ke dalam mesin untuk menurunkan suhu mesin saat digunakan.
Menurut pengalaman pribadi penulis yang memiliki mobil ini pada tahun 2003, mesin motor ini dapat mencapai topspeed 100 km/jam dengan setingan pabrikan.
Selama bertahun-tahun, pembalap lokal dan nasional telah dipilih oleh dunia Road Race karena potensinya.
Selain itu, blogger otomotif Iwan Banaran melakukan uji Dyno Test untuk membuktikan ketangguhan mesin motor ini.
Dalam Dyno Test, mesin motor F1ZR full-clutch keluaran tahun 2003, yang telah mengalami modifikasi pada knalpot racing dan ukuran spuyer karburator yang diperbesar, dapat mencapai top speed 120 km/jam.
Baca juga: Nostalgia Yamaha Touch Tahun 2000, Harganya Kini Bikin Dompet Bergetar
Industri kaki-kaki motor ini masih sangat lama dan relevan.
Berbeda dengan suspensi depan yang menggunakan tipe teleskopik, suspensi belakang tetap menggunakan dua shockbreaker untuk meredam guncangan saat berkendara.
Untuk roda F1ZR, velg cast wheel 3-spoke Enkei yang legendaris digunakan, dan keduanya dilengkapi dengan ban IRC yang dikompresi dengan halus berukuran 17 inci.
Karena kekuatan dan daya tahannya yang luar biasa, velg Enkei 3-Spoke yang digunakan F1ZR pada tahun 2000an hingga saat ini masih digunakan.
Selain itu, untuk memberikan deselerasi terbaik. Sistem pengereman cakram tersedia untuk roda depan Yamaha, sedangkan sistem pengereman tromol tersedia untuk roda belakang.
Harga Yamaha F1Z R bekas saat ini berkisar antara Rp.8 Juta dan Rp30 Juta, tergantung pada kondisinya dan seri.
Dengan desain stiker standar seperti Putih-Biru, Oranye-Hitam, Merah-Putih, dan Hitam-Abu, harga Yamaha F1ZR adalah 8 juta rupiah.
Namun, decal sticker edisi khusus seperti Marlboro, Ardath, Caltex, dan F1ZR Milenium dapat dijual mulai dari 15 juta hingga 30 juta rupiah.
Semoga apa yang saya tulis dapat membantu Anda lebih memahami motor 2-tak yang legendaris ini.
Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688
Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688
Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240