27 November 2022

Perbedaan Mesin 4 Stroke dan 2 Stroke pada Motor


Photo : Instagram @rxseries_kebumen

Jika berbicara soal otomotif, Kamu pasti pernah dengar soal mesin 4 stroke. Walaupun istilah ini sudah sering terdengar, masih sedikit yang mengetahui apa makna hal tersebut. Apakah Kamu ingin belajar juga soal jenis mesin ini? Apa bedanya dengan mesin 2 stroke? Mari bahas bersama pada artikel berikut ini!

Baca juga : Lebih Baik Pilih Motor Mesin SOHC Atau DOHC?

Apa Itu Mesin 4 Stroke?

Secara sederhana, jenis mesin 4 stroke dapat di definisikan sebagai mesin yang menggunakan 4 langkah proses dalam melakukan pembakaran.  Sedangkan untuk mesin 2 stroke, hanya menggunakan 2 langkah saja. Pembakaran yang terjadi di silinder mesin ini, nantinya akan menjadi tenaga penggerak untuk motor

Cara Kerja Mesin 4 Stroke

Setelah membahas definisi mesin jenis 4 stroke ini, sekarang waktunya membahas cara kerjanya. Pada dasarnya cara kerja mesin 4 stroke dapat dibagi menjadi 4 tahapan. Berikut adalah tahapan – tahapan tersebut:

  • Tahapan pertama adalah proses intake atau hisap. Pada proses ini, katup intake terbuka dan piston bergerak dari atas ke bawah. Pergerakan ini membentuk kompresi di ruang pembakaran dan akhirnya hasilkan area vacuum yang dapat menarik bahan bakar masuk kembali ke silinder.
  • Tahapan kedua adalah proses kompresi. Setelah katup intake menutup dan piston bergerak dari bawah ke atas, proses pencampuran antara udara dan bahan bakar yang masuk ke silinder terjadi. Proses ini akan hasilkan pemampatan lagi dan menaikkan temperatur akibat tekanan.
  • Langkah ketiga adalah proses pembakaran. Setelah temperatur tinggi, busi pemantik api akan membakar campuran udara dan bahan bakar yang ditekan tadi. Ledakan akan terjadi karena hal tersebut dan hasilkan energi untuk gerakan piston. Ledakan akan membawa piston bergerak dari atas ke bawah lagi.
  • Langkah keempat dan yang terakhir adalah langkah pembuangan. Pada tahapan ini katup exhaust akan terbuka dan piston akan bergerak pada posisi bawah ke atas. Pergerakan dari pembakaran di tahap sebelumnya menyebabkan gas sisa reaksi keluar lewat bagian yang terbuka tersebut. Gas inilah yang nantinya keluar dari knalpot.

Empat tahapan di atas inilah yang menggambarkan proses dalam mesin 4 stroke. Proses di atas akan menggerakkan poros yang terhubung pada gear dan rantai yang nantinya menggerakkan roda. Jadi apakah sudah jelas cara kerja mesin jenis ini?

Beda Mesin 4 Stroke dan Mesin 2 Stroke?

Setelah secara umum mengetahui apa itu 4 stroke, sekarang waktunya menggali info apa bedanya jenis mesin ini dengan versi 2 stroke. Pada dasarnya, mesin 2 stroke hanya berbeda dari segi siklus pembakaran yang dilakukan dalam satu gerakan siklus piston.

Di antara Kamu pasti ada yang tidak puas dengan penjelasan ini. Dalam mesin 4 langkah, pergerakan piston menyelesaikan 2 langkah rotasi selama berputar. Satu langkah untuk kompresi dan satu langkah untuk pembuangan. Masing – masing diikuti dengan dorongan reaksi balik untuk menyebabkan putaran lagi.
Hal ini sudah jelas digambarkan pada cara kerja mesin 4 langkah yang dibahas di atas. Namun untuk mesin 2 langkah atau 2 stroke, proses pembakaran diselesaikan dalam satu langkah gerakan piston. Langkah kompresi akan didampingi ledakan akibat pembakaran bahan bakar hasil kompresi. Nantinya, penarikan bahan bakar ke silinder langsung terjadi saat posisi piston turun.
Selama reaksi ledakan berjalan, dorongan dari pembakaran akan memutar kembali poros dan menyebabkan perputaran baru. Proses kompresi, ledakan, penarikan bahan bakar dan kembali berputar menjadi kompresi akan terus berlangsung.

Karena prosesnya berjalan lebih cepat dan bersamaan, kondisi mesin lebih rentan. Jadi tidak heran jika model mesin 2 stroke sangat membutuhkan oli sebagai pelumas mesin. Lapisan pelumas memastikan gerakan selalu lancar dan mampu hasilkan tenaga di setiap rotasinya.
Penggunaan oli pada mesin ini menghasilkan pencampuran bensin dan oli saat proses pembakaran. Hal inilah yang membuat mesin 2 stroke terkadang menghasilkan asap hitam dari knalpot. Jika pada jenis yang 4 stroke, hal ini tidak akan terjadi.

Dari penjelasan fungsi mesin 2 stroke ini, Kamu bisa bandingkan dengan cara kerja yang tipe 4 stroke sebelumnya. Bedanya hanya di proses jalanya rotasi saja. Jadi selama tahu perbedaan ini, Kamu akan mudah memahami perbedaannya.
Apakah Sudah Jelas Bedanya?
Dari penjelasan di atas, Kamu sekarang sudah dapat membedakan apa itu mesin 4 stroke dan 2 stroke. Untuk kebutuhan kendaraan modern, mesin jenis 4 stroke jelas lebih populer dan cocok digunakan dalam keseharian. Jadi bila ingin beli motor Yamaha misalnya, lebih baik cari yang bermesin 4 stroke saja!

Baca juga : Lebih Baik Pilih Motor Mesin SOHC Atau DOHC?

Photo : Instagram @rxseries_kebumen




Berita Lainnya


...
01 February 2023
Promo Paket Meriah Yamaha Gear 125

Promo Paket Meriah Yamaha gear 125

DP 800 Ribu, Gratis Jasa service 10X dan 7 Botol Oli + Bonus Logam Mulia

...
30 January 2023
Posisi Berkendara Motor yang Benar, Nyaman untuk Perjalanan Jauh

Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana posisi berkendara motor yang bisa membuat kamu merasa lebih nyaman.

...
26 January 2023
Posisi Aman Menggendong Bayi Saat Naik Motor

Sobat dealer Yamaha Indonesia, Jika terpaksa harus dilakukan, ikuti posisi menggendong bayi saat naik motor dalam ulasan berikut!


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group