Untuk meningkatkan performa motor Anda yang memakai sistem karburator, Anda bisa mengganti CDI racing untuk memperbaiki kurva pengapian, terutama apabila Anda menggunakan motor Jupiter MX. Adapun kendala yang sering dialami motor Jupiter MX adalah tenaga mesin masih terbatas dan mesinnya masih terdengar brebet seperti gasnya habis. Namun, sebelum mengganti CDI racing, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti aki haruslah mempunyai tegangan yang normal. Dikarenakan aki yang lemah dengan dilakukannya pemasangan CDI racing bisa saja membuat motor Anda rentan mogok. Sehingga aki harus mempunyai tegangan harus diatas 11 volt, karena tegangan yang kurang membuat motor Anda sering mati. Berikut ini Jupiter MX standar ganti CDI yang perlu Anda ketahui, simak penjelasan berikut ini:
Cara motor Jupiter MX standar ganti CDI racing mirip dengan Bintang Racing Tim (BRT) yang berasal dari Cibinong. Ukuran pada peranti pengatur timing untuk pengapian motor Jupiter MX lumayan terbilang besar, hal ini disebabkan penyatuan sensor extra fan atau disebut kipas radiator. Sehingga ada 2 soket CDI yang perlu Anda ketahui. Soket yang pertama berukuran besar yang terhubung ke CDI, dan soket CDI racing yang kecil menuju sensor kipas. Melepas soket berukuran besar, bisa mencangkok menggunakan kabel dari soket ukuran kecil yang dimiliki motor Jupiter-Z. Soket CDI racing pada motor Jupiter MX ini bisa Anda beli dari toko onderdil, Anda juga bisa membeli kabel body imitasi yang lumayan murah, lalu Anda bisa mengambil soket CDI racing saja. Proses pencakokan pada kabel soket Jupiter MX dilakukan dengan cara memasang kabel berwarna orange bertemu dengan warna orange juga, kabel pulih bertemu dengan warna putih, hitam ditemukan dengan hitam, coklat ditemukan dengan warna coklat. Kabel berwarna merah bertemu dengan warna hitam dengan setrip warna biru pada kabel soket motor Jupiter MX. Selanjutnya, hasil cangkokan harus diisolasi terlebih dahulu supaya tetap aman. Kemudian, dipasang CDI baru dengan soket yang baru. Akan tetapi, bisa menyebabkan lampu indikator tidak berfungsi, namun yang lainnya masih berfungsi normal seperti kipas. Meskipun mesin sudah cukup panas, motor Anda akan tetap bisa jalan. Efek lainnya, seperti sensor pada karburator untuk menghemat bensin menjadi tidak bekerja. Namun, hasilnya tetap sebanding, tenaga mesin Anda jauh lebih berpower dibanding sebelumnya.
Dengan mengganti CDI standar pada motor Jupiter MX menjadi CDI racing, ada beberapa keunggulan yang akan didapatkan dari perubahan motor Jupiter MX, yaitu meningkatkan tenaga mesin pada komponen pengapiannya dan mampu mendongkrak power hingga 0,4 horse powernya. Beberapa komponen yang dapat ditingkatkan, seperti koil, busi, sampai penutup busi juga bisa diganti dengan menggunakan tipe racing, selanjutnya Anda bisa menambahkan pemasangan knalpot tipe racing juga. Supaya proses penggantian CDI standar menjadi CDI racing, ada baiknya untuk mengganti beberapa part mesin yang lainnya, yang bersinggungan langsung pada proses pembakaran mesin supaya menjadi lebih awet dan juga seimbang dengan besarnya pengapian. Salah satu komponen yang bisa Anda ganti yakni camshaft atau noken as. Noken as untuk mesin motor 4 tidak berfungsi untuk mengatur buka tutup klep in dan juga kelp outnya yang memungkinkan bahan bakar dan juga udara masuk menuju ruang pembakaran dan gas sisa yang keluar menuju saluran pembuangan. Noken as pada tipe racing ini sedikit lebih menonjol dibanding noken as standar, sehingga dapat mendorong klep menjadi lebih maksimal. Efeknya, pasokan pada bahan bakar yang masuk menuju ruang bakar akan menjadi lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini disebabkan dari pengapian yang cukup besar dan bertemu dengan bahan bakar yang melimpah, sehingga output untuk powernya menjadi lebih maksimal.
Demikianlah, informasi motor Jupiter MX standar ganti CDI racing serta keunggulan dan kelemahan setelah mengganti CDI racing yang perlu Anda ketahui. Dengan digantinya CDI racing, maka akan meningkatkan performa motor Anda menjadi lebih berpower dari sebelumnya.
Baca juga : Syarat dan Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Bagi Yang Tidak Bisa Datang Langsung
Foto : instagram.com/acb_bdo
Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688
Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688
Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240