16 September 2023

Kapan Van Belt Harus Diganti? Kenali Ciri-cirinya


Yamaha Deta -  Untuk Anda yang sehari-hari menggunakan motor matic tentu pernah berhubungan dengan komponen satu ini. V-belt merupakan salah satu komponen penting pada motor dengan sistem transmisi otomatis.

Berikut ini kenali apa itu van belt dan ciri-ciri van belt mengalami masalah dan harus diganti.

Apa itu van belt

Van belt sering juga disebut sebagai sabuk V atau serpentine belt pada sepeda motor adalah komponen utama dalam sistem penggerak.

Baca juga: Ciri-ciri Arang Dinamo Starter Motor Habis

Van belt adalah sabuk yang terbuat dari bahan karet yang kuat dan didesain dengan puli untuk menggerakkan berbagai komponen di sepeda motor.

Fungsi utama dari van belt pada sepeda motor adalah menggerakkan berbagai sistem, termasuk:

  1. Alternator atau stator** (pada beberapa model) yang nantinya menghasilkan daya listrik untuk sistem kendaraan, baterai, dan komponen elektronik lainnya.
  2. Menggerakkan pendingin melalui sistem pendingin radiator untuk menjaga suhu mesin motor tetap dalam batas yang aman.
  3. Kopling Ventilator** (pada beberapa model): Menggerakkan kipas radiator untuk mendinginkan mesin.
  4. Pompa Bensin** (pada beberapa model): Menggerakkan pompa bahan bakar untuk memastikan bahan bakar mengalir ke karburator atau injektor dengan baik.

Dengan kata lain, van belt adalah salah satu elemen vital dalam memastikan bahwa berbagai sistem kendaraan berfungsi dengan baik. Jika van belt mengalami keausan atau putus, sistem-sistem yang terhubung dengannya dapat berhenti berfungsi, yang dapat menyebabkan masalah serius dan bahkan berpotensi merusak mesin.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi van belt secara teratur dan menggantinya jika terlihat aus, retak, atau mengalami tanda-tanda kerusakan lainnya.

Perawatan yang baik terhadap van belt akan membantu memastikan bahwa sistem kendaraan beroperasi secara optimal dan menghindari masalah yang lebih serius.

Baca juga: Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis, Waktunya Ganti

Umur van belt motor

Umur rata-rata dari van belt (sabuk atau rantai penggerak) pada sepeda motor bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk kualitas bahan, kondisi penggunaan, dan seberapa baik perawatannya. Jika terawat dengan baik, rantai penggerak dapat bertahan hingga 30.000 hingga 50.000 kilometer atau lebih. Penting untuk memeriksa dan mengencangkan rantai secara teratur.

Penting untuk diingat bahwa ini adalah perkiraan umum, dan van belt dapat mengalami keausan lebih cepat atau lebih lambat tergantung pada penggunaan dan kondisi sebenarnya. Beberapa tanda bahwa van belt membutuhkan penggantian termasuk aus, retak, atau tanda-tanda gesekan berlebihan.

Disarankan untuk selalu memeriksa buku panduan pemilik motor atau menghubungi bengkel terpercaya untuk informasi spesifik tentang van belt dan perawatannya untuk motor Anda. Melakukan pemeriksaan dan perawatan teratur akan membantu memperpanjang umur van belt dan mencegah masalah yang lebih serius.

Ciri-ciri van belt motor mau putus atau bermasalah

Tanda-tanda bahwa van belt pada motor ingin putus atau mengalami masalah dapat mencakup beberapa hal berikut:

1.Jika Anda mendengar suara berderit atau berdecit yang berasal dari bagian depan atau bawah mesin saat motor berjalan, ini bisa menjadi pertanda bahwa van belt mengalami masalah. Bunyi tersebut dapat menunjukkan bahwa sabuk mengalami gesekan yang tidak normal atau mungkin sudah aus.

2. Jika Anda merasakan getaran atau gesekan yang tidak biasa pada pegangan atau kaki saat gas ditekan, ini dapat menandakan bahwa ada masalah dengan van belt.

3. Jika Anda mencium bau seperti plastik atau karet terbakar saat motor berjalan, ini bisa mengindikasikan gesekan berlebihan pada van belt.

4. Jika Anda merasa bahwa motor tidak lagi berakselerasi atau bergerak secepat biasanya, atau jika ada kesulitan dalam menanjak, ini bisa menjadi tanda bahwa van belt mengalami masalah.

5. Periksa kondisi fisik van belt secara visual untuk melihat retakan, kerusakan, atau bagian yang terlihat aus, ini menunjukkan bahwa sabuk tersebut memerlukan penggantian.

6. Kadang-kadang, van belt dapat melorot atau terlepas dari puli. Van belt yang terlepas dari puli adalah tanda-tanda van belt sudah kendor dan harus diganti.

Jika Anda mencurigai bahwa van belt mengalami masalah atau ingin memeriksanya, sangat disarankan untuk segera membawanya ke bengkel motor yang terpercaya atau mekanik berpengalaman. Penggantian atau perbaikan van belt yang tepat waktu dapat mencegah masalah lebih serius dan memastikan kinerja motor yang optimal.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai kapan van belt harus diganti? dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat.

Hubungi call-center kami di 0813-2345-4688 (Whatsapp) dan staf kami yang handal siap membantu kebutuhan motor Yamaha Anda.

Yamaha Deta, Distributor Resmi Motor Yamaha di Indonesia

 




Berita Lainnya


...
30 September 2023
Cara Membersihkan Mika Lampu Motor yang Kusam dan Menguning

Headlamp atau mika lampu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tampilan motor Anda. Untuk membersihkan lampu motor yang mulai menguning dan kusam dapat mengikuti langkah berikut.

...
30 September 2023
Motor Mogok Setelah Dicuci, Tenang Ini Solusinya

Tentunya Anda merasa kesal karena tadinya kendaraan yang telah bersih malah tidak bisa dihidupkan sama sekali setelah dicuci. Coba periksa beberapa komponen motor yang rawan terkena air lalu diperbaiki.

...
29 September 2023
Tips Memilih Leasing Kredit Motor, Aman dan Tak Terjebak

Jika sampai salah memilih leasing, hidupmu justru akan sulit. Berikut ini beberapa tips memilih leasing kredit motor yang aman. 


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Deta Group
Yamaha Deta - Mazda Deta

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Deta Group
Yamaha Deta - Mazda Deta

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group