18 September 2022

Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis, Waktunya Ganti


Sebagai salah satu pengendara motor, tentu saja sudah tidak asing dengan sebutan kampas kopling. Kopling sendiri memiliki peran sebagai salah satu penghubung atau pemutus putaran mesin dengan menggunakan transmisi. Kondisi kopling yang baik ini dapat membantu kamu untuk melakukan perpindahan transmisi menjadi nyaman dan lembut. Komponen yang perlu diperhatikan yaitu kampas kopling, karena jika kampas kopling ini mulai aus juga akan membuat motor menjadi selip  dan berakselerasi. Ada ciri ciri kampas kopling motor habis yang dapat membantu kamu kapan harus menggantinya.

Baca juga : Ini Cara Merawat Rantai Motor Sesuai Anjuran Dealer

Akibat kampas kopling habis

Apabila kendaraan atau motor kamu telah kehabisan kampas kopling, tentunya akan menimbulkan beberapa masalah. Hal ini berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan terjadinya putaran mesin ke transmisi. Ada beberapa efek ketika kamu merasa kehabisan kampas kopling motor. Beberapa diantaranya:

  1. Selip kopling, salah satu akibat selip kopling yang pertama yaitu pegas pegas kopling akan semakin melemah dan kopling mobil atau motor akan selip. Hal ini dapat terjadi ketika kamu mengendarai pada jalanan yang sangat menanjak. Meskipun kamu sudah menginjak pedal gas dengan sekuat tenaga, mobil atau motor yang tetap tidak dapat berjalan dengan maksimal. Selain itu, suara yang dihasilkan pada motor atau akan terdengar meraung tetapi motor atau mobil tetap tidak kuat digunakan untuk menanjak.
  2. Mulai tercium bau hangus, ciri ciri kampas kopling motor habis yang selanjutnya yaitu tercium bau hangus seperti karet terbakar. Jika kamu sudah mencium bau tersebut tentunya sudah harus untuk diwaspadai. Sebaiknya kendaraan tersebut segera dibawa ke bengkel untuk mengganti kampas kopling tersebut. 
  3. Pedal kopling pada kendaraan akan menjadi tinggi, jika ketebalan kampas kopling tersebut sudah mencapai 0 mm, akan terjadi gesekan pada bagian kopling dalam dan mulai melelehkannya. Jika hal tersebut sampai terjadi maka pedal kopling ini akan sangat sulit untuk diinjak. Saat kamu sudah merasa kesulitan untuk menginjak pedal gas kendaraan sebaiknya langsung melakukan penggantian pada kampas kopling tersebut. 
  4. Terjadi boros BBM. Ketika penggunaan bahan bakar cukup boros yang disebabkan adanya beberapa hal, salah satu penyebabnya yaitu mulai menipisnya kampas kopling. Karena ketika kampas kopling sudah mulai menipis maka injakan gas kamu akan menjadi lebih dalam. Efek kampas kopling yang sudah habis ini juga dapat menjadi salah satu penyebab penggunaan bahan bakar yang sangat besar.

Ciri ciri kampas kopling motor habis

Photo : motorsportgoetz

Seperti yang kita ketahui bahwa kopling ini memiliki peran yang sangat penting sebagai penghubung dan pemutus putaran pada mesin. Kampas kopling yang mulai aus ini tentunya akan memiliki beberapa masalah yang cukup serius pada kendaraan. Selain itu juga dapat membuat bahan bakar motor atau mobil menjadi sangat boros. Berikut ini ciri kampas motor habis yang perlu kamu ketahui.

  1. Adanya akselerasi mesin yang mulai melemah, ciri pertama yang dapat kamu rasakan ketika kampas kopling habis yaitu dapat dilihat ketika motor ini sedang melakukan akselerasi. Saat kampas kopling masih tebal maka hanya akan membutuhkan waktu sekitar 10 detik, sedangkan apabila kampas kopling yang sudah mulai tipis maka akan membutuhkan waktu sekitar 15 detik. 
  2. Mesin kendaraan yang cepat panas, jika kampas kopling motor habis kamu juga akan merasakan kehilangan daya cengkram kampas pada plat gesek yang dapat membuat komponen tersebut menimbulkan panas. Misalnya saat kampas kopling masih normal mesin kendaraan dapat bekerja pada putaran 5000 rpm dan mendapatkan kecepatan hingga 60 km/jam, sedangkan saat kampas kopling sudah berada dalam kondisi yang sangat tipis mesin kendaraan harus berputar pada angka 7000 rpm agar mendapatkan kecepatan yang sama.

Apabila kamu sebagai pengguna kendaraan sudah merasakan beberapa hal tersebut maka sudah harus melakukan perawatan dan melakukan perbaikan pada bengkel. Agar kendaraan kamu mendapatkan service dan perawatan serta pemeriksaan agar selalu dalam kondisi prima. Jika kamu tidak segera mengganti kampas kopling tersebut akan menimbulkan beberapa masalah kendaraan, pastikan kendaraan yang kamu pakai dalam kondisi optimal.

Baca juga : Ini Cara Merawat Rantai Motor Sesuai Anjuran Dealer

Photo : Instagram @yamaha.jabar




Berita Lainnya


...
06 October 2022
Contoh Soal Ujian Teori SIM C dan Pokok Bahasan

Ada banyak sekali Sobat Dealer Yamaha di Indonesia mahir yang sayang sekali tidak lolos di bagian tes teorinya. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari contoh soal ujian SIM C supaya bisa lolos tahap ini.

...
05 October 2022
Pengertian Safety Riding, Bikers Wajib Tahu

Tidak ada larangan untuk berkendara sobat dealer Yamaha di Indonesia, selama mematuhi aturan yang berlaku, atau bisa kita kenal dengan istilah safety riding. Berikut pengertian dan ulasannya.
 

...
05 October 2022
Rocktober - Banyak Promo dan Diskon

Rocktober - Banyak Promo dan Diskon


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group