20 September 2022

Jenis Jenis Lampu Depan Motor, Ini Yang Paling Terang


Lampu memiliki fungsi sebagai salah satu penerangan yang sangat dibutuhkan ketika kamu berada dalam kegelapan tetapi juga dapat mendongkrak pada penampilan kendaraan. Melakukan pemilihan lampu yang tepat pada kendaraan juga dapat membuat motor terlihat keren dan tetap fungsional. Berikut ini jenis lampu motor yang dapat kamu ketahui. 

Baca juga : Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis, Waktunya Ganti

Jenis jenis lampu pada motor

  1. Lampu xenon, merupakan salah satu jenis lampu yang di dalamnya menggunakan gas xenon. Lampu ini biasanya disebut dengan lampu HD. Kelebihan yang dimiliki oleh lampu motor xenon ini yaitu masa usia pakainya yang cukup lama yaitu sekitar 3000 jam. Lampu ini juga memiliki daya sebesar 35 watt.
  2. Lampu motor halogen, merupakan lampu yang terdiri dari campuran gas nitrogen, argon dan krypto yang digunakan sebagai salah satu sumber cahaya. Masa pemakaian lampu ini sekitar 500 jam dan memiliki daya sekitar 55 watt.
  3. Lampu LED, merupakan salah satu jenis lampu yang saat ini menjadi trend dan digunakan oleh beberapa pabrikan motor sebagai bawaan motor yang diperjual belikan. Lampu jenis ini memiliki daya rendah yaitu sekitar 18 watt dengan keunggulannya yang sangat ramah lingkungan. Lampu ini memiliki ciri seperti bentuknya yang kecil dan panas yang tidak berlebih. Selain itu, juga tahan lama yaitu sekitar 10.000 hingga 50.000 jam. 

Kegunaan dari lampu T10

Lampu T10 ini memiliki standar ukuran yang biasa digunakan untuk segala jenis mobil dengan lebar soket. Lampu T10 ini juga sering digunakan sebagai lampu sign (sein, kedip, riting dll) jika kendaraan kamu memiliki beberapa lampu tersebut maka jelas bernama lampu T10. 
Sedangkan lampu T20 ini memiliki ukuran sekitar 20 mm dan digunakan khusus untuk mobil Eropa sebagai lampu sign, rem dan mundur. Selain lampu T10 dan T20 ada juga lampu LED plafon. Lampu LED plafon ini biasanya digunakan pada kabin mobil yang tidak membutuhkan pencahayaan yang sangat terang. Biasanya cukup untuk menerangi sekedar membaca buku. 
Sedangkan jika dipasangkan pada motor, maka lampu motor LED  jenis T10 ini akan dipasangkan pada lampu sein yang terletak di samping kanan atau kiri dan lampu rem pada motor. Biasanya jenis ini digunakan untuk lampu sein motor bebek, matic maupun sport.

Photo: Philips Indonesia


Penyebab lampu motor kurang terang

  1. Kualitas bohlam yang digunakan, kualitas pada bohlam yang digunakan pada motor dapat mempengaruhi terang atau redupnya lampu. Apabila kamu menginginkan lampu motor yang lebih awet, sebaiknya menggunakan produk original untuk mendapatkan hasil yang optimal. 
  2. Mika yang sudah buram, mika menjadi suatu reflektor yang memiliki masa pakai. Agar dapat membantu untuk mengembalikan cahaya lampu agar dapat kembali terang yaitu dengan mengganti mika lampu pada motor. Kamu harus memastikan mika lampu yang digunakan merupakan sparepart original agar masa yang digunakan lebih panjang.
  3. Aki yang mulai melemah, siapa sangka bahwa aki yang mulai melemah juga mempengaruhi penerangan pada motor? Ketika kamu menggunakan sistem penerangan DC, maka seluruh sistem kelistrikan yang terdapat pada kendaraan juga ikut melemah. 

Baca juga : Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis, Waktunya Ganti




Berita Lainnya


...
06 October 2022
Contoh Soal Ujian Teori SIM C dan Pokok Bahasan

Ada banyak sekali Sobat Dealer Yamaha di Indonesia mahir yang sayang sekali tidak lolos di bagian tes teorinya. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari contoh soal ujian SIM C supaya bisa lolos tahap ini.

...
05 October 2022
Pengertian Safety Riding, Bikers Wajib Tahu

Tidak ada larangan untuk berkendara sobat dealer Yamaha di Indonesia, selama mematuhi aturan yang berlaku, atau bisa kita kenal dengan istilah safety riding. Berikut pengertian dan ulasannya.
 

...
05 October 2022
Rocktober - Banyak Promo dan Diskon

Rocktober - Banyak Promo dan Diskon


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group