Yamaha Deta - Blok silinder adalah bagian mesin yang tugas utamanya sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan.
Lantas seberapa pentingkah fungsi kepala silinder pada kendaaran Anda? Untuk memahaminya, simak ulasan berikut ini yang akan membahas tentang apa itu kepala silinder, apa fungsinya, apa saja bagian-bagiannya, dan apa saja kerusakan yang mungkin terjadi.
Kepala silinder, blok silinder, atau cylinder head adalah salah satu komponen kunci dari mesin kendaraan bermotor. Fungsi utama dari kepala silinder adalah untuk mengontrol aliran udara masuk dan keluar, serta membantu dalam proses pembakaran di dalam silinder.
Baca juga: Apa itu Kode 12 dan 14 Aerox? Ini Cara Mengatasinya
Di bawah ini adalah fungsi dan komponen-komponen utama dari kepala silinder motor:
Komponen-Komponen pada kepala silinder motor 4 tak dan fungsinya:
1. Poros Nok
Komponen pertama adalah Poros Nok. Ini merupakan sebuah komponen kepala silinder yang mempunyai fungsi untuk memberikan tekanan valve lifter yang berada pada bagian. Dimana tekanan tersebut di berikan agar katup bisa terbuka.
Poros Nok sendiri terbuat dari poros besi dan mempunyai cam pada seluruh bagian poros dengan dibuat memiliki sudut kemiringan tertentu. Dimana kemiringan tersebut nantinya akan bisa menekan katup secara tepat ketika camshaft sudah mulai berputar.
2. Klep Masuk dan Klep Buang
Klep masuk atau yang dalam bahasa Inggrisnya intake valve memungkinkan udara dan bahan bakar masuk ke dalam ruang bakar, sementara klep buang atau exhaust valve memungkinkan gas buang keluar setelah pembakaran.
3. Pegas Katup
Komponen berikutnya adalah Pegas Katup. Komponen ini juga tidak kalah pentingnya dari beberapa komponen yang ada. Pasalnya fungsi dari pegas katup sendiri adalah sebagai bantalan untuk menahan posisi katup agar bisa tertutup dengan rapat.
Bukan hanya itu, pegas katup juga digunakan sebagai alat untuk mengembalikan posisi katup setelah mendapat tekanan dari camshaft.
Baca juga:Apa itu Kunci Torsi, Fungsi dan Jenisnya
4. Valve Lifter
Valve Lifter merupakan sebuah komponen kepala silinder motor 4 tak yang mempunyai bentuk seperti mangkuk dan berada pada bagian atas katup. Fungsi dari Valve Lifter ini seabgai pelindung batang katup dari gesekan camshaft.
5. Camshaft
Camshaft adalah poros yang memiliki nok (lobe) yang menggerakkan klep. Gerakan camshaft diatur oleh sabuk timing atau rantai timing dari crankshaft.
6. Ruang Bakar Combustion Chamber
Ruang bakar adalah area di dalam kepala silinder tempat terjadinya proses pembakaran. Ini adalah area di antara kepala silinder dan piston ketika piston berada di posisi paling atas.
7. Busi Pengapian
Pada mesin bensin, busi pengapian memancarkan percikan api untuk memulai proses pembakaran.
8. Intake Manifold dan Exhaust Manifold
Intake manifold merupakan sebuah komponen berbentuk seperti tabung sebagai tempat masuknya udara dari sistem induksi udara. Bentuk dari komponen ini mungkin akan berbeda-beda pada tiap motornya.
Kemudian ada juga komponen bernama exhaust manifold. Kebalikan dari intake manifold, komponen satu ini berfungsi untuk menyalurkan sisa gas buang dari pembakaran didalam ruang bakar untuk di teruskan ke komponen exhaust treatment.
9. Lubang-Lubang untuk Saluran Oli
Ada saluran dan lubang di kepala silinder yang memungkinkan oli mesin untuk mencapai komponen di dalam kepala silinder yang membutuhkan pelumasan.
10. Gasket Kepala Silinder
Gasket kepala silinder adalah segel yang terletak di antara blok mesin dan kepala silinder untuk mencegah kebocoran antara ruang bakar dan sistem pendinginan.
Kepala silinder adalah bagian penting dari mesin kendaraan dan memainkan peran utama dalam proses pembakaran dan pergerakan piston. Dengan bekerja sama dengan bagian lain dari mesin, kepala silinder memastikan mesin berfungsi dengan efisien dan sesuai dengan desainnya.
Karena bersinggungan dengan bagian pembakaran yang sebagai inti dari penggerak mesin kendaraan, maka komponen kepala silinder ini cenderung rentan mengalami masalah.
Beberapa masalah yang paling sering terjadi adalah memuai, retak, dan rusak. Bagian yang terintegrasi dengan cylinder head ini, seperti katup dapat mengalami kebocoran.
Kepala silinder bisa memuai karena menerima panas yang dilepas saat proses pembakaran. Potensi terjadinya masalah ini lebih besar ketika air pendingin atau yang biasa disebut air radiator kurang atau mantel pendingin mati. Akibatnya mesin akan sangat panas dan menyebabkan kepala silinder memuai, retak dan rusak.
Oleh sebab itu, air pendingin dan mesin pendingin harus rutin dicek untuk menghindari hal tersebut terjadi. Isi dari air radiator harus selalu ada, jadi pastikan ketika mesin mulai beroperasi dan memanas, air pendingin tidak kosong, sehingga ketika kerja mesin terus meningkat ada proses pendinginan yang terjadi.
Masalah yang terjadi pada cylinder head lainnya adalah katup bocor. Untuk gangguan ini bisa saja diakibatkan oleh komponen katup yang memang sudah aus karena gesekan antar klem atau antar katup. Kebocoran ini tidak bisa dibiarkan karena bisa mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan karena proses kompresi terganggu.
***
Itu tadi penjelasan singkat mengenai apa itu kepala silinder, apa fungsinya, apa saja bagian-bagiannya, dan kerusakan yang mungkin terjadi..
Jika Anda mengalami masalah ini, sebaiknya bawa kendaraan Anda ke bengkel Yamaha Deta untuk diperiksa dan diperbaiki. Yamaha Deta akan dapat mendiagnosa dan memperbaiki masalah dengan kepala silinder atau cylinder head Anda. Semoga bermanfaat.
Hubungi call-center kami di 0813-2345-4688 (Whatsapp) dan staf kami yang handal siap membantu kebutuhan motor Yamaha Anda.
Yamaha Deta, Distributor Resmi Motor Yamaha Terbaik di Indonesia
Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688
Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688
Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240