29 May 2022

Apakah Motor Perlu Spooring Balancing, Ini Penjelasannya


Sebuah kendaraan pastinya memiliki fungsi baik saat masih kondisi baru tetapi setelah beberapa saat pemakaian (6 bulan) tentu ada kondisi kurang nyaman ya?
Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kendaraan roda 2 atau 5 rutin servis agar selalu tampil prima mesin. Bagian yang sangat vital saat berkendara dan berpengaruh terhadap keamanan yakni area keseimbangan roda motor. Roda motor perlu dilakukan spooring balancing motor agar tidak goyang dan lebih stabil. 
Simak ulasan lengkapnya tentang spooring motor yuk!

Apa itu spooring motor? 

Spooring adalah sebuah cara dimana teknisi memperbaiki posisi kendali dan ban motor karena tidak seimbang. Ada kalanya Anda berkendara dan jatuh ke arah sisi sebelah tentu hentakan bagian satu komponennya membuat komponen utama kendali atau stang berubah. Model motor sekarang dikatakan banyak kelengkapan fitur tetapi kualitas bahan bakunya sedikit diturunkan. Berbeda dengan model motor jaman dahulu yang masih klasik dan belum ada desain keren tetapi kualitas bahan bakunya terbilang unggul. Jadi, sedikit hentakan tidak terlalu mempengaruhi komponen lainnya. 

Mengapa perlu spooring motor? 

Tujuan dari spooring balancing adalah memperbaiki posisi kendali dan ban agar simetris sesuai buatan pabrik. Ketika ada motor yang tidak dilakukan servis rutin, spooring dan balancing akan berakibat rusaknya motor dan sekali perbaikan akan menekan biaya yang cukup tinggi. Tetapi jika penyakit motor tersebut perlahan diperbaiki maka kondisi lebih prima dan awet akan dijamin tahan hingga 20 tahun lebih. Cepat lambatnya sebuah motor rusak tergantung dari setiap perlakuan yang diberikan, saat Anda mengendarai dengan baik, stabil, rutin servis maka kerusakan sangat minim terjadi. Usia motor memang membuat performanya semakin turun tetapi dengan adanya rutin servis dan penggantian suku cadang membuat performa motornya kembali 70% prima. 

Efek apa yang dirasakan sebelum dan sesudah spooring motor?

Jika Anda merasakan ketidakseimbangan saat berkendara maka kemungkinan ban belok sendiri, kendali ke kanan tetapi ban belok ke kiri, kendali terasa lurus tetapi ban agak miring adalah ciri motor Anda butuh perawatan spooring dan balancing.  
Efek fungsi spooring balancing motor akan Anda rasakan saat selesai dilakukan spooring lebih berasa nyaman, lebih stabil saat berkendaraan, posisi ban simetris dan enteng. Spooring tidak hanya dilakukan untuk motor harian bebek, matic saja tetapi juga bisa untuk motor balap dengan cc besar, mobil dan kendaraan besar lainnya. Anggapan bahwa motor balap cc besar akan lebih tahan dan kuat memang benar tetapi tetap butuh servis layaknya motor harian agar performanya semakin bagus. Perbedaannya adalah pada tenaga, untuk motor harian memiliki tenaga 60% dibandingkan motor balap. Sedangkan untuk titik kerusakanya sama saja, misalnya untuk motor balap dan harian sama-sama mengalami kendala bagian kendali, ban dan sebagainya. 

Penyebab bengkoknya posisi ban dan kendali

Ada banyak penyebab ketidakseimbangan antara ban dan kendali seperti jatuh ke sisi samping, tersenggol benda keras, faktor berkendara secara kasar (jumping, menaikkan roda depan ke atas, atau memutarkan di lintasan lingkar). Dengan adanya perlakuan yang kurang baik tersebut maka semua kondisi motor akan berubah. Ta heran jika biaya servis, spooring dan lainnya menjadi sangat mahal. 
Cara melakukan spooring dengan bantuan alat spooring dimana nantinya dipasangkan ke titik kendala dan dicari letak terpusatnya. Setelah itu dipasangkan timbel atau pemberat yang dihitung kembali ke angka nol. Saat angka telah menunjukkan angka nol maka proses spooring selesai dan motor kembali sehat. 
Anda bisa mengeceknya dengan perlahan mengendarai motor di jalan lurus, rasakan sebelum dan setelah dilakukan servis total dan spooring. 

Berapakah ongkos untuk spooring dan balancing?

Biaya spooring balancing motor sekitar Rp. 50 ribuan untuk 1 ban motor, jika ada 2 atau 4 maka tinggal dikalikan saja. Biaya servis rutinan sekitar Rp. 30 ribu – Rp. 50 ribuan. Total bisa mencapai Rp. 200 ribuan untuk skala motor. Sedangkan untuk skala mobil biaya spooringnya bisa Rp. 300 ribuan hingga Rp. 400 ribuan. 
Spooring dan balancing sangat penting dan segera dilakukan saat Anda merasakan ketidakseimbangan gerakan roda dan kendali. 

Baca juga : Apa Itu PKB dan SWDKLLJ Pada STNK? Ini Manfaatnya




Berita Lainnya


...
18 December 2024
Apa itu Pramusim MotoGP, Seberapa Penting? Ini Penjelasannya

Apa sebenarnya apa itu pramusim MotoGP itu, dan mengapa pentingnya hal itu? Begini penjelasannya.

...
18 December 2024
Jadwal MotoGP 2025, Kapan Balapan Mandalika Digelar

Jadwal MotoGP 2025 rilis.

...
18 December 2024
Yamaha Gaet Juara Dunia Moto2 2022 untuk Pengembangan Motor

Lin Jarvis menghubungi Augusto Fernandez untuk membantu mengembangkan motor Yamaha untuk gelaran balap dunia musim 2025.


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Deta Group

Yamaha Deta - Mazda Deta - Wuling Deta

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Deta Group

Yamaha Deta - Mazda Deta - Wuling Deta

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group