22 August 2023

Perbedaan Yamaha NVX dan Aerox dan Alasan Keduanya Berbeda


Tanpa harus melihat data, sudah terlihat dengan jelas bahwa Indonesia merupakan pasar sepeda motor penumpang yang sangat subur. Pesatnya pertumbuhan angka pengguna motor di Tanah Air membuat berbagai merek motor berlomba-lomba menawarkan produk terbaru. Pabrikan motor asal Jepang, Yamaha, juga salah satunya.

Bahkan, Yamaha bisa dibilang salah satu dari pabrikan motor paling mapan di Indonesia. Namanya sudah dikenal selama puluhan tahun di benak masyarakat dan produk-produknya sangat mudah ditemukan di jalanan. Meski begitu, bukan berarti Yamaha puas dengan hasil yang dicapai produk-produknya saat ini.

Hal ini ditunjukkan lewat kehadiran berbagai model dan seri motor baru yang rutin dirilis Yamaha. Masing-masing memiliki karakteristik dan segmen tertentu yang membuat Yamaha makin dicintai pasar Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah Yamaha NVX dan Aerox yang akan dibahas berikut ini.

Baca juga : Selisih Rp600 ribu, Ini Perbedaan Yamaha Gear 125 Standar dan S

Perbedaan Yamaha NVX dan Aerox

Kemudian, apa yang membedakan keduanya, ya? Apalagi jika melihat bahwa NVX dan Aerox memiliki siluet dan bodi yang mirip. Berikut penjelasannya.

Selain perbedaan nama, hal yang bisa dibilang paling mencolok dari kedua model ini adalah eksteriornya. Pada Yamaha Aerox terutama seri 2022, ada sentuhan baru di bodywork-nya yang bisa Anda lihat dari grafis “Aerox” pada sisi kanan-kiri rumah mesin. Bodywork-nya juga terlihat lebih warna-warni sehingga memancarkan kesan stylish dan penuh energi.

Karakteristik lain yang bisa langsung Anda temukan adalah grafis bodi belakang yang sekarang dibuat lebih panjang. Grafis tersebut memanjang dari tengah hingga ekor untuk memberikan kesan yang lebih sporty, bold, dan halus. Di samping itu, Aerox juga dirilis dalam 2 (dua) tipe yaitu Aerox Standard dan Aerox ABS. 

Sementara itu, Yamaha NVX juga hadir dengan 2 (dua) tipe, yaitu NVX Standard dan NVX ABS. Dirilis di pasar Malaysia, masing-masing tipe tersebut juga hadir dengan pilihan warnanya masing-masing. Untuk NVX Standard ada warna Cyan dan Red, sedangkan untuk

NVX ABS ada pilihan warna Blue GP dan Platinum SE.

Untuk Yamaha NVX, sudah ada fitur canggih bernama Y-Connect. Melalui fitur ini, Anda bisa terhubung dengan kendaraan Anda dengan lebih mudah dan canggih. Pasalnya, Anda bisa terhubung dengan motor Anda melalui smartphone. Tak hanya itu saja, dengan fitur Y-Connect ini Anda juga bisa memantau kondisi kendaraan seperti jadwal servis, peringatan bahan bakar, dan sebagainya.

Baca juga : Perbedaan Yamaha Grand Filano Neo dan Lux, Ini Harga Keduanya 2023

Alasan Perbedaan Nama

Menariknya, untuk pasar Tanah Air sendiri sebenarnya Yamaha NVX dan Yamaha Aerox adalah model yang sama, lho. Karena rupanya Yamaha NVX sendiri merupakan pengganti dari Yamaha Nouvo yang sangat dicintai oleh pasar Vietnam. Maka dari itu, nama NVX dipilih lantaran NV-nya diambil dari nama Nuovo.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, Yamaha NVX dirilis dengan nama Yamaha Aerox seperti yang Anda kenal sampai saat ini. Praktik seperti ini di mana brand motor merilis model sama dengan mengubah nama di negara yang berbeda sebenarnya adalah hal yang lumrah. Karena pada dasarnya, beda negara beda pula kondisi budaya dan sosialnya, yang kemudian juga memengaruhi perilaku pasar atau masyarakatnya.

Hal yang sebaliknya justru sebaliknya yang terjadi di Negeri Jiran tersebut, malah Yamaha Aerox dirilis dengan nama Yamaha NVX dengan teknologi yang sama persis. Di negara tetangga ini, Yamaha NVX secara resmi diperkenalkan pada tahun 2021.
Untuk pasar Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing merilis skuter matik alias skutik bernuansa sporty ini dengan “nama lengkap” Yamaha Aerox 155VVA. Skutik ini hadir dengan beberapa fitur canggih, termasuk VVA, Stop Start System (SSS), serta panel dasbor digital. Tak hanya itu saja, kapasitas mesinnya juga lebih besar sehingga lebih bertenaga.

Harga Aerox

Semakin berminat untuk membeli Yamaha Aerox 155? Jika iya, Anda perlu siapkan budget berkisar antara Rp 24,8 juta hingga Rp 28,6 juta. Tentu saja Anda juga perlu perhatikan bahwa harga motor baru dan motor bekas atau seken berbeda, ya. Selain itu seri yang lebih tinggi juga jelas dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan seri basic-nya. 

Sebaiknya Anda membeli Yamaha Aerox dari dealer Yamaha resmi untuk mendapatkan jaminan pelayanan terbaik khas Yamaha. Itu tadi rangkuman informasi tentang perbedaan Yamaha Aerox dan NVX. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Update! Ini Fitur, Spesifikasi, Dan Harga Motor Yamaha WR 155 2023

Photo : Instagram sunofrise_




Berita Lainnya


...
30 September 2023
Cara Membersihkan Mika Lampu Motor yang Kusam dan Menguning

Headlamp atau mika lampu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tampilan motor Anda. Untuk membersihkan lampu motor yang mulai menguning dan kusam dapat mengikuti langkah berikut.

...
30 September 2023
Motor Mogok Setelah Dicuci, Tenang Ini Solusinya

Tentunya Anda merasa kesal karena tadinya kendaraan yang telah bersih malah tidak bisa dihidupkan sama sekali setelah dicuci. Coba periksa beberapa komponen motor yang rawan terkena air lalu diperbaiki.

...
29 September 2023
Tips Memilih Leasing Kredit Motor, Aman dan Tak Terjebak

Jika sampai salah memilih leasing, hidupmu justru akan sulit. Berikut ini beberapa tips memilih leasing kredit motor yang aman. 


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Deta Group
Yamaha Deta - Mazda Deta

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Deta Group
Yamaha Deta - Mazda Deta

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group