Yamaha Deta - Mungkin kamu heran melihat kendaraan yang sejenis dengan milikmu tapi memiliki tenaga yang lebih baik. Bisa jadi pemilik kendaraan tersebut memodifikasi dengan teknik korter mesin. Lalu, apa itu korter mesin? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Photo : Youtube Ridho motor channel
Mungkin kamu pernah mendengar seseorang yang membawa kendaraannya untuk dikorter. Ternyata korter motor adalah proses modifikasi silinder pada mesin motor tersebut. Secara spesifik, mekanik akan melakukan pengikisan di bagian liner hingga piston.
Dengan melakukan proses pengikisan, maka ukurannya justru akan menjadi lebih besar dari ukuran standarnya. Proses pengikisannya sendiri dilakukan dengan bantuan alat bernama pisau korter.
Baca juga : Apa itu Kunci Torsi, Fungsi dan Jenisnya
Tujuan korter mesin sendiri ada banyak. Salah satunya adalah untuk menyesuaikan perubahan ukuran ring piston setelah proses pengikisan. Misalnya, ukuran standar piston sebelum dikorter adalah 51 mm.
Setelah itu, pemilik kendaraan ingin mengkorter piston tersebut menjadi ukuran 50 mm. Dengan begitu, ukuran piston tersebut nantinya akan menjadi 51,50 mm. Ketika ukuran diameter lubang silinder lebih besar, maka volume ruang bakar pun meningkat.
Kondisi ini juga akan meningkatkan kapasitasnya. Intinya, tujuan dari korter adalah untuk memperbesar kapasitas ruang bakar. Hasil akhir yang ingin dicapai adalah proses pembakaran yang lebih optimal dari sebelumnya.
Jadi, tidak mengherankan jika jenis kendaraannya sama tapi memiliki tenaga yang berbeda. Untuk memastikan kamu bisa memeriksa silindernya atau menanyakan langsung kepada pemiliknya. Para pemilik kendaraan umumnya melakukan korter, khususnya untuk kendaraan yang usianya sudah tua.
Pasalnya, mesin korter pada kendaraan juga akan mengembalikan performanya. Hal ini perlu dilakukan karena dinding silinder pada kendaraan tua umumnya mengalami kebocoran. Proses korter bisa mengatasi masalah tersebut.
Biaya korter motor bervariasi tergantung proses modifikasinya. Misalnya, kamu mengkorter mesin langsung di bengkel bubut. Biasanya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.50.000 saja.
Biayanya lebih mahal kalau kamu mengganti pistonnya. Kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.150.000 jika memilih untuk mengganti piston. Dengan mengeluarkan dana sebesar itu, kamu akan mendapatkan 1 set piston lengkap dengan ring, klip, dan pennya.
Ada juga mekanik yang menyarankan kamu untuk mengganti blok silindernya. Biaya untuk mengganti blok silinder memang lebih mahal. Kamu harus menyiapkan dana setidaknya Rp.250.000 untuk mengganti blok silinder kendaraanmu.
Beberapa pemilik motor Xeon menanyakan, “apakah motor jenis ini bisa dikorter?” Kabar baiknya, blok standar Xeon bisa dikorter. Blok standar tersebut bisa menampung piston hingga ukuran 58 mm. Biayanya memang terbilang cukup mahal. Kamu harus menyiapkan dana setidaknya Rp 1.500.000 sampai Rp.2.000.000. Dengan biaya itu, kamu akan mendapatkan paket bore up dengan kondisi standar. Biaya tersebut meliputi jasa bore up, korter mesin, blok silinder, dan karburator. Umumnya, biaya ini juga sudah termasuk riset, dial camp, menggeser gigi sentrik.
Baca juga : Perbedaan Aki Basah dan Kering pada Motor, Kelebihan dan Kekurangannya
Ada beberapa pemilik kendaraan beranggapan jika proses korter mesin tidak diperlukan asalkan kendaraan di rawat dengan baik. Ternyata, proses korter mesin ini diperlukan oleh kendaraan khususnya jika sudah termakan usia pemakaian. Tanpa melakukan proses ini, kendaraan justru akan mengalami kerusakan parah.
Bahkan, dana perbaikan kerusakan kendaraan tersebut akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya korter mesin. Proses korter mesin pun jauh lebih cepat. Yang paling penting, performa kendaraan akan meningkat. Kamu jadi bisa mengendarai kendaraanmu dengan aman dan nyaman.
Nah, sekarang kamu tahu kalau korter motor adalah proses modifikasi silinder mesin kendaraan. Tidak hanya itu, kamu pun tahu perkiraan biaya korter motor. Informasi ini bisa jadi kamu perlukan jika memiliki kendaraan yang usianya sudah tua dan performanya mulai menurun.
Dengan begitu, kamu tidak perlu membeli kendaraan baru lagi. Cukup keluarkan dana sekitar Rp.400.000 hingga Rp.1.000.000 saja, performa kendaraan akan menjadi seperti baru. Biayanya jauh lebih besar kalau kamu ingin melakukan proses korter mesin pada motor Xeon. Pastikan kamu melakukan korter mesin di bengkel bubut atau bengkel kendaraan yang sudah profesional agar hasilnya maksimal.
Itu tadi penjelasan singkat mengenai korter mesin sepda motor. Semoga bermanfaat.
Hubungi call-center kami di 0813-2345-4688 (Whatsapp) dan staf kami yang handal siap membantu kebutuhan motor Yamaha Anda.
Yamaha Deta, Distributor Resmi Motor Yamaha Terbaik di Indonesia
Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688
Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688
Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240