25 September 2022

Fungsi Komponen Penting Pada Air Radiator Motor


Motor ataupun mobil selalu memiliki air radiator di dalamnya. Ketika air radiator mobil maupun air radiator motor habis, tentunya akan menyulitkanmu. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk lebih memahami apa itu air radiator kendaraan.
Nah untuk lebih memahami air radiator motor, maka kamu bisa membaca penjelasan yang ada di dalam artikel ini selengkapnya.

Baca juga : Ini Arti Harga OTR dalam Simulasi Kredit Motor

Pengertian air radiator motor

Air radiator motor adalah salah satu bagian penting yang ada pada kendaraan, keberadaan dari air radiator terbilang sangat dibutuhkan sekali bagi kendaraan bermotor seperti produk Yamaha. Tak hanya pada mobil saja, namun saat ini kendaraan roda dua juga sudah dilengkapi dengan pendingin mesin.
Hal ini dilakukan agar kendaraan tidak mengalami kondisi overheat yang bisa semakin memperburuk kondisi kendaraan bermotor. Dimana ketika motor sering mengalami kondisi overheat akan berdampak buruk bagi kesehatan motor tersebut.
Oleh karena itu untuk dapat menghindari terjadinya overheat pada motor. Maka kamu juga membutuhkan yang Namanya komponen air radiator guna memberikan pendinginan ketika motor sedang dalam kondisi overheat.

Fungsi bagian radiator motor

Radiator pada motor dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu upper tank, lower tank dan juga core radiator. Dimana ketiga komponen tersebut memiliki tempat dan fungsi yang berbeda-beda. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan penjelasan lengkap tiga komponen pada radiator motor.

  1. Upper tank
    Upper tank adalah komponen yang dibuat dari bahan kuningan dan plastic komposit. Dimana penempatan dari komponen ini terdapat pada bagian atas radiator motor. Sedangkan untuk fungsi khusus dari komponen upper tank adalah sebagai media transit air panas yang pada awalnya berasal dari blok mesin ke bagian berikutnya.
  2. Lower tank
    Selanjutnya ada bagian lower tank yang berada pada area paling bawah radiator. Komponen ini terbuat dari bahan yang sama dengan upper tank yaitu plastic komposit dan kuningan.Lower tank memiliki dua fungsi utama. Untuk fungsi pertama dari lower tank adalah untuk menampung air yang sebelumnya sudah melalui proses pendinginan core radiator. Lalu untuk fungsi yang kedua dari lower tank adalah untuk tempat transit air yang masuk ke dalam area blok mesin.
  3. Core radiator
  4. Bagian terakhir dari radiator motor adalah core radiator atau sarang. Pada bagian ini terbuat dari tembaga dan alumunium. Dimana fungsi dari komponen ini sangat dibutuhkan dalam proses pendinginan pada mesin motor.

Core radiator terdiri dari susunan pipa pipih yang sudah dirangkai dengan menggunakan plat tipis. Sedangkan untuk fungsi utama dari bagian core radiator adalah untuk memecahkan volume air yang menjadi lebih kecil agar bisa melewati pipa pipih.
Hal tersebut dilakukan agar air dapat masuk dengan lebih cepat dingin pada saat terkena angin yang berasal dari kipas pendingin.

Apakah air radiator dapat digantikan dengan air mineral?

Ada beberapa anggapan yang menjelaskan jika air radiator bisa digantikan dengan menggunakan air mineral yang dianggap sama-sama mampu menjadi air pendingin buat mesin motor menjadi lebih dingin. Ada juga anggapan lain yang sempat booming yaitu air mineral dapat menggantikan air pendingin serta bisa menjadikan komponen radiator menjadi tahan terhadap karat.
Jika dilihat dari faktanya, hal tersebut tidak disarankan. Sebab air mineral memiliki kandungan garam yang bisa menyebabkan karat pada bagian-bagian yang ada pada radiator motor. Bagian yang paling berpotensi besar mengalami kondisi karat adalah pada bagian sirip dan kisi radiator.
Karat yang ada pada radiator akan membuat sirkulasi pendinginan menjadi lebih lambat dan tersumbat. Hal ini akan menjadikan motor semakin mudah mengalami kondisi overheat yang lebih parah. Meski begitu penggunaan air mineral akan disarankan bagi motor yang digunakan untuk kompetisi seperti balapan.

Dapatkan air radiator mobil untuk air radiator motor?

Banyak orang masih bingung apakah air radiator untuk mobil bisa digunakan pada radiator motor? Sebenarnya air radiator pada mobil bisa digunakan untuk motor juga. Bahkan air radiator mobil terbilang lebih manjur untuk digunakan. Dari segi harga juga terbilang lebih murah dibandingkan dengan air radiator motor.

Baca juga : Ini Arti Harga OTR dalam Simulasi Kredit Motor




Berita Lainnya


...
29 November 2022
Cara Mengatasi Tangan Belang karena Naik Motor

Biasanya dalam berkendara motor bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti bagian tangan akan memiliki warna kulit yang lebih gelap dari kulit pada bagian tubuh yang terlindung dari sinar matahari langsung. Bagaimana cara mengatasinya?

...
27 November 2022
Perbedaan Mesin 4 Stroke dan 2 Stroke pada Motor

Sobat dealer Yamaha di Indonesia, apa bedanya dengan mesin 2 stroke? Mari bahas bersama pada artikel berikut ini!

...
24 November 2022
Lebih Baik Pilih Motor Mesin SOHC Atau DOHC?

Sobat Dealer Yamaha di Indonesia, apakah mesin SOHC lebih baik dari DOHC, atau malah sebaliknya? Untuk tahu lebih lanjut, baca dulu artikel ini!


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group