06 October 2022

Contoh Soal Ujian Teori SIM C dan Pokok Bahasan


Memiliki SIM C bagi pengendara kendaraan bermotor tentu sebuah keharusan. Kamu wajib mempunyainya sebagai tanda bahwa kamu layak untuk menggunakan sepeda motor dengan lolos ujian pembuatan SIM C.
Salah satu tes yang akan kamu hadapi ketika membuat SIM yaitu tes tulis berupa teori. Ada banyak sekali pengendara mahir yang sayang sekali tidak lolos di bagian tes teorinya. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari contoh soal ujian SIM C supaya bisa lolos tahap ini.

Baca juga : Pengertian Safety Riding, Bikers Wajib Tahu

Syarat untuk Membuat SIM C

Sebelum masuk pada contoh soal teori dari ujian SIM C, ada baiknya kamu mengetahui syarat dasar yang harus kamu penuhi ketika membuat SIM C. berikut syarat-syaratnya.

  1. Bila kamu ingin melakukan pengajuan SIM C, kamu harus sudah berumur 17 tahun sebagai batas umur minimal. Ini juga berlaku bila kamu ingin mengajukan pembuatan SIM A, B, dan D.
  2. Kamu juga harus melengkapi dokumen administrasi. Ini dia beberapa dokumen yang wajib kamu siapkan.
    • SIM lama bila kamu ingin melakukan perpanjangan SIM KTP yang masih berlaku/ dokumen imigrasi bila kamu seorang WNA (Warga Negara Asing
    • Bila kamu ingin melakukan pengalihan SIM, kamu perlu menyertakan Surat Lulus Uji Keterampilan Simulator
    • Menyertakan Surat Keterangan Kesehatan Jasmani dan Rohani yang bisa kamu dapatkan dari dokter dan Psikolog
  3. Bila kamu seorang WNA, ada beberapa dokumen imigrasi yang harus kamu penuhi, yaitu sebagai berikut.
    • Bila kamu berdomisili tetap di Indonesia, kamu perlu menyertakan Kartu Izin Tinggal Tetap dan paspor kamu
    • Bila kamu bagian dari keluarga kedutaan atau staf kedutaan, kamu perlu menyertakan paspor, kartu anggota diplomatik, visa diplomatik, dan identitas lain yang berkaitan
    • Bila kamu bekerja sebagai tenaga ahli atau berstatus sebagai pelajar yang mengenyam pendidikan di Indonesia, kamu perlu menyertakan visa dinas atau Kartu Izin Tinggal Sementara dan paspornya
    • Bila kamu tidak berdomisili di Indonesia, yang perlu kamu sertakan yaitu Kartu Izin Kunjungan dan paspor

Itu dia syarat-syarat administrasi yang wajib kamu lampirkan ketika ingin membuat SIM. Dengan begitu, kamu bisa lanjut ke ujian SIM.

Materi Ujian Teori Pembuatan SIM

Bila mengacu pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, tepatnya di Pasal 13, ada tahapan ujian yang harus dilalui untuk membuat SIM, yaitu ujian teori, ujian praktik dengan simulator, dan ujian praktik langsung.
Untuk ujian teori, nantinya kamu akan diberi sebanyak 30 soal teori SIM C dengan sistem AVIS, yaitu berupa video dengan suara dan model soal dengan pilihan jawaban benar atau salah. Estimasi waktu pengerjaan tiap soal adalah 30 detik.Nah, ini dia contoh soal ujian SIM C yang perlu kamu pelajari sebagai dasar untuk mengerjakan ujian teori.

  1. Garis ganda yang membujur sebagai sebuah marka dengan paduan antara garis utuh dan garis putus-putus dimaknai sebagai:
    • Kendaraan boleh melintasi garis ganda bila berada pada sisi garis utuh, sedangkan kendaraan yang tidak diperbolehkan melintas adalah yang menempati sisi garis putus-putus.
    • Kendaraan boleh melintasi garis ganda bila berada pada sisi garis putus-putus, sedangkan kendaraan yang tidak diperbolehkan melintas adalah yang menempati garis utuh.
    • Kendaraan boleh melintasi garis ganda bila berada pada sisi garis untuh, sedangkan kendaraan yang berada pada sisi garis putus-putus boleh melintasi garis ganda.
    • Kendaraan yang berada pada sisi garis utuh dilarang melintasi garis ganda, sedangkan kendaraan yang berada pada garis putus-putus dilarang melintasi garis ganda.
  2. Seorang penyeberang jalan masih berada di zebra cross dan lampu lalu lintas menyala hijau. Jadi, yang memperoleh kesempatan untuk berjalan lebih dulu adalah:
    • Pengemudi kendaraan yang ada di posisi paling depan
    • Pengemudi kendaraan yang terletak di lajur paling kanan
    • Pengemudi kendaraan yang terletak di lajur paling kiri
    • Pejalan kaki yang masih di zebra cross

Jawaban yang tepat adalah yang diberi bold. Dua contoh soal di atas merupakan contoh soal ujian SIM C. Jadi, isi soal tes SIM C berisikan tentang soal-soal yang masih berkutat tentang lalu lintas maupun kendaraan.
Untuk biaya pembuatan SIM C sudah ada dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2021 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. Kamu cukup membayar sebesar Rp 100.000 untuk pembuatan SIM C yang baru dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C.
Itu dia beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mendaftarkan diri untuk membuat SIM C. jangan lupa juga untuk mempelajari contoh soal ujian SIM C dengan baik, supaya kamu bisa lolos ujian teorinya dan berlanjut ke ujian yang lain. Semoga berhasil!

Baca juga : Pengertian Safety Riding, Bikers Wajib Tahu




Berita Lainnya


...
29 November 2022
Cara Mengatasi Tangan Belang karena Naik Motor

Biasanya dalam berkendara motor bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti bagian tangan akan memiliki warna kulit yang lebih gelap dari kulit pada bagian tubuh yang terlindung dari sinar matahari langsung. Bagaimana cara mengatasinya?

...
27 November 2022
Perbedaan Mesin 4 Stroke dan 2 Stroke pada Motor

Sobat dealer Yamaha di Indonesia, apa bedanya dengan mesin 2 stroke? Mari bahas bersama pada artikel berikut ini!

...
24 November 2022
Lebih Baik Pilih Motor Mesin SOHC Atau DOHC?

Sobat Dealer Yamaha di Indonesia, apakah mesin SOHC lebih baik dari DOHC, atau malah sebaliknya? Untuk tahu lebih lanjut, baca dulu artikel ini!


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group